Rabu, 12 Januari 2011

Personil di BPBD Orang-orang Tangguh dan Teruji

Selasa, 11/01/2011 14:53 WIB
padangmedia.com - PADANGPANJANG – Baru saja dilantik sebagai Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Padangpanjang, Rusdianto, SIP, MM, sudah mendapat tantangan bertugas. Yaitu, bergabung dengan Tim SAR gabungan untuk mengevakuasi lima pendaki gunung Singgalang yang nyasar pada malam pergantian tahun 2011 lalu.

Ditemui padangmedia.com di ruang kerjanya, Selasa (11/1) siang, Rusdianto mengatakan, hal seperti itu menjadi salah satu tugas berat yang harus dipikul BPBD, Kesbang Pol. Untuk itu, dibutuhkan sinerji yang kuat antar internal maupun eksternal.

BPBD sendiri merupakan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) yang baru 10 hari dibentuk dalam SOTK Padangpanjang. BPBD merupakan salah satu pembangunan Kota Padangpanjang yang terintegrasi dengan pembangunan nasional. Yaitu, penanggulangan bencana sebelum, pada saat maupun sesudah terjadinya bencana.

“Selama ini dirasakan adanya kelemahan, baik dalam penanggulangan bencana maupun yang terkait dengan landasan hukumnya. Karena, belum ada Peraturan Daerah secara
khusus yang menangani pelaksanaan penaggulangan bencana,” katanya.

Mantan Kabag Organisasi Setdako Padang Panjang itu menyatakan bahwa personil dari eselon III dan IV yang bergabung dalam badan yang dipimpinnya adalah orang-orang pilihan yang mumpuni dan teruji.

“Tantangan kekinian dan ke depannya makin berat. Kita manaruko. Karena itu, kita butuh kebersamaan dengan komitmen memberikan hal-hal terbaik sehingga sebangun dan konstruktif. Ibaratnya, saciok bak ayam sadanciang bak basi,” sebut Rudianto.

Rusdianto juga tidak menampik bahwa personil yang ditempatkan pada BPBD adalah orang-orang tipe pekerja dan pemikir sesuai latar belakang disiplin ilmunya dan pengalaman lapangan. Di antaranya, Sekretaris BPBD, Ir. Zulheri yang sebelumnya Kepala Bidang Dokumentasi Kepegawaian pada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD), Kabid Kesbangpol Drs. Perry Safnats Amir, SE, MM sebelumnya Kabid Pendidikan dan Pelatihan pada Badan BKPPD, Kabid Pencegahan dan dan Kesiapsiagaan, Drs Suarmin, sebelumnya Sekretaris pada Dinas Pemuda,Olahraga, Kebudayaan Pariwisata.

Selanjutnya, Drs. A Nasyid Kabid Kabid Kedaruratan dan Logistik, sebelumnya Sekretaris pada Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan, Kabid Rehablitasi dan Renkrontruksi Nurizalman, ST, sebelumnya Kasubag Sumber Daya Mineral pada Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan. Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Joni Aldo, A.Md, sebelumnya jabatan yang sama, namun UPTD tersebut berada di bawah Dinas PU.

Sedangkan untuk Kepala Seksi, terdapat tenaga muda yang potensial dan cakap di bidangnya, yaitu M.A.Dalmenda, SSos MSi (Kasi Kesbang Politik Dalam Negeri). Ia sebelumnya Kasubag Media Penerangan pada Bagian Humas Setdako Padangpanjang. Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Davidson S.Sos, MM sebelumnya Kasub Penelitian dan Pengembangan pada Bappeda.

Kemudian Kasi Hubungan Antar Lembaga Ismardi, sebelumnya Kasi Kesatuan Bangsa dan Politik dan juga pernah menjadi penyidik di Satpol PP. Kasi Kedaruratan, Epaliputra, S.Sos, sebelumnya Kasi Kepemudaan pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata. (isril)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Lainnya
Widget By:[arsip berita,artikel dan foto]
Semua Arsip Tahun 2011
  • Januari
  • Februari
  • Maret
  • April
  • Mai
  • Juni
  • Juli
  • Agustus
  • September
  • Oktober
  • November
  • Desember
  •