Minggu, 24 April 2011

PERSEPEKTIF DEMOKRASI DAN ISLAM

oleh : Ichsan
Ketika berbicara Demokrasi, tentu tidak lepas dari pandangan-pandangan positif dan negatif. Banyak alasan yang dipaparkan dalm memperdebatkan persolan yang kadang subtansinya tidak jelas dan tiak pantas untuk diperdebatkan. Demokrasi merupakan bentuk atau mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat (kekuasaan warganegara) atas negara untuk dijalankan oleh pemerintah negara tersebut. Pada intinya, yang banyaklah yang menang dan yang banyak dianggap sebagai suatu kebenaran. Salah satu pilar demokrasi adalah prinsip trias politica yang membagi ketiga kekuasaan politik negara (eksekutif, yudikatif dan legislatif) untuk diwujudkan dalam tiga jenis lembaga negara yang saling lepas (independen) dan berada dalam peringkat yg sejajar satu sama lain. Kesejajaran dan independensi ketiga jenis lembaga negara ini diperlukan agar ketiga lembaga negara ini bisa saling mengawasi dan saling mengontrol berdasarkan prinsip checks and balances.

Ketiga jenis lembaga-lembaga negara tersebut adalah lembaga-lembaga pemerintah yang memiliki kewenangan untuk mewujudkan dan melaksanakan kewenangan eksekutif, lembaga-lembaga pengadilan yang berwenang menyelenggarakan kekuasaan judikatif dan lembaga-lembaga perwakilan rakyat (DPR, untuk Indonesia) yang memiliki kewenangan menjalankan kekuasaan legislatif. Di bawah sistem ini, keputusan legislatif dibuat oleh masyarakat atau oleh wakil yang wajib bekerja dan bertindak sesuai aspirasi masyarakat yang diwakilinya (konstituen) dan yang memilihnya melalui proses pemilihan umum legislatif, selain sesuai hukum dan peraturan.
Dimasa ke-Presidenan Sukarno yang mana Sukarno merupakan Presiden Pertama Indonesia, Indonesia menjadi negara yang bersistem Demokrasi Terpimpin. Telah terlewati masa tersebut dimana tidak dapat memperbaiki Indonesia dlam waktu yang berkepanjangan. Begitu juga dengan Demokrasi Pancasila yang terbentuk pada era Orde Baru saat Indonesia dipimpin oleh Presiden Soharto , tak juga mampu membuat Indonesia menjadi lebih baik bahkan yang terjadi adalah sebaliknya.

Kini Indonesia telah memperbaikki dengan mereformasi Indonesia menjadi Negara yang menganut Pada Demokrasi parlementer atau Liberal dimana DPR beserta Legislatif lainnya juga memiliki hak lebih. Lantas apa yang menjadi Istimewa dalam Demokrasi saat ini daripada demokrasi sebelumnya?

1. Demokrasi Hari ini memberikan kebebasan berpolitik kepada seluruh Masyarakat Indonesia. Kebebasan berpolitik yang sangat-sangat bebas hari ini belum pernah dirasakan oleh masyarakat Indondesia sebelumnya dan hal ini mnejadi nilai yang amat Istimewa.

2. Demokrasi Indonesia pada hari ini telah menutup ruang untuk para militer secara aturan untuk berpolitik, dan kaum militer yang dapat berpolitik pada hari ini hanyalah pensiunnan atau tidak lagi menyandangkan seragam milter dan hal ini tidak pernah terjadi sebelum-sebelumnya.

3. Demokrasi hari ini telah sangat memberikan ruang kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk berpolitik bahkan membuat Partai dengan aturan yang ada dan dengan ketentuan yang tidak membatasi jumlah partai sehingga tidak pula membatasi ruang gerak masyarakat Indonesia dalam berpolitik.

4. Demokrasi Parlementer hari inipun telah sangat memberi ruang kepada Pers untuk melakukan tugasnya. Dahulu, Pers menjadi amat terkungkung dan tak mampu bergerak. Kini kebebasan Pers telah tercipta dimana Demokrasi memberikan ruang kepadanga untuk mengabdi. Dapat dibayangkan bila Pers masih diatur denga kertentuan atas keberpihakan pada pemerintah semata atau kelompok-kolompok tertentu, maka publik tidak akan mengetahui kinerja Dewannya secara utuh. Dengan kebebasan Pers yang ada maka ruang untuk tinjauan telah semakin lebih, terlihat dari kinerja Pers membuktikan kinerja Dewan-dewannya seperti yang terjadi beberap waktu lalu bahwa ada Dewan yang tidak melakukan tugasnya baik yang tiduran saat sidang ataupun menonnton film porno saat sidang.

5. Demokrasi Indonesia hari ini telah memberikan Ruang Distribusi Kader-kader bangsa dalam peralihan kekuasaan. Tidak ada lagi sistem kekuasaan berkepanjanngan dalam memimpin atau menjabat menjadi pemimpin bangsa hari ini.

6. Yang paling sangat penting adalah, Demokrasi Indonesia hari ini telah memberi ruang kepada daerah untuk mengambil keputusan-keputusan yang berpihak pada daerah juga.

Beberpa poin penting di atas telah memaprakan bahwa Domokrasi Indonesia pantas dianggap berjasa. Domokrasi hari ini haruslah dilihat dari segi Prosedural, tidak subtansialnya sehingga dapat dipersepektifkan bahwa Indonesia memang berhasil menuju Demokrasi. Berbagai persoalan yang muncul seprti kasus perekonomian adalah bagian yang subtansial dan tidak dapat disatukan dalm tatana Prosedural.

Meniti pada pandangan Islam, sebagian berpendapat bahwa Islam tidak menyepakati Demokrasi. Dapat dilihat bahwa perjalanana Khalifah dalam memilih/mengantikan tombak kepemimpinan tidak di atur secara spesifik sehingga dapat pula di simpulkan bahwa Islam tidak menagtur tatacara pemilihan yang bersatu sistem. Kedekatan Usman bersama nabi ternyata membuahkan kepemimpinan kepada Abu bakar dan Nabi pun tidak melakukan Masyawarah dalam Pemilihannya. Meski pun dimasa Nabi terjadi hal demikian, tentunya tidak dapat sistem tersebut berlanjut dengan posisi Abu bakar yang bukanlah Nabi sehingga tidak ada pula sistem yang tepat kecuali menganjurkan keberpihakan kepada Rakyat yang juga bagian dari demokrasi. Bukankah demikian?

Maka, sepantasnya Nilai Islam lah yang mesti ditanamkan didalam demokrasi Indonesia dan Indonesia tidaklah tepat jika harus mengikuti Demokrasi seperti Eropa atau Amerika. Indonesia mestilah melaksanakan Demokrasinya sesuai dengan Kondisi Indonesia yang juga bermayoritaskan Islam* (penulis adalah Mantan Ketua Umum HMI Kota Padangpanjang dan saat ini adalah Pengurus PBHMI)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Lainnya
Widget By:[arsip berita,artikel dan foto]
Semua Arsip Tahun 2011
  • Januari
  • Februari
  • Maret
  • April
  • Mai
  • Juni
  • Juli
  • Agustus
  • September
  • Oktober
  • November
  • Desember
  •