Selasa, 26 April 2011

Dua Kekasih Hatiku

ngeBlog dan Photoshop

Memiliki fasilitas seperti laptop sendiri memamng mengenakan, apalagi dengan koneksi internet yang bisa dilakukan kapan saja, inilah impian yang terpendam sejak satu tahun sebelum nya (2009), disamping lebih mudah dalam menjalankan rutinitas, juga sangat membantu dalam menggali berbagai ilmu penegtahuan lewat dunia maya ini.

Jujur saja sebelum memiliki fasilitas ini, hampir setiap hari saya harus mampir di warnet, baik untuk mengirim berita atau ngebetulan blog-blog yang saya miliki, perkiraan biaya yang saya keluarkan untuk sekali duduk di warnet mencapai sekitar Rp. 15 ribu/hari, hmmmm kalau dikaliin sebulan aja wow cukup besar juga tuh.

Alhamdulillah pada awal 2010 sekitar bulan Maret, saya baru bisa memiliki fasilitas ini yang secara otomatis telah mampu menghentikan kebiasaan mangkal di warnet sampai berjam-jam setiap harinya dan menghemat biaya yang 15 ribu tadi..qiqiqiqiqiiiii

Dengan failitas ini pula saya dapat lebih leluasa tentang untuk melakukan dan membuat blog baru, bahkan ada beberapa email baru yang menyertainya, yang saya sendiri kadang lupa dengan nama akun dan paswordnya, melalui dunia ngeblogpun saya bisa belajar melakukan pengeditan foto dengan photoshop, sebuah aplikasi yang sudah lama ingin saya pelajari.

Belajar ngeblog dan edit foto secara otodidak, meskipun demikian saya juga tidak lupa menghaturkan ucapan terimakasih pada teman-teman blogger lainnya yang telah memberikan petunjuk melalui tutorial di blognya, sayang saya lupa nama blog2 tersebut, kebetulan sejak pertama kali ngeblog yang selalu tersimpan di benak saya adalah blognya kang rohman dan banyak blog lainnya, kebetulan mengawali belajar ngeblog di dunia maya ini, saya pelajarai dari blognya Kang Rohman tapi saya juga mengucapkan terimakasih kepada para blogger lainnya, karena saya juga banyak mendapat ilmu dari sana.

Sama halnya dengan membuat blog, mempelajari photoshop-pun melalui dunia maya ini lewat tutorial para blogger dunia maya ini, meskipun masih tingkat dasar, saya puas karena dari penilaian teman-teman di facebook banyak yang mengungkapkan hasil karya saya dengan edit foto dengan photoshop bagus bagus, tapi pujian ini tentunya tidak membuat saya besar kepala, karena masih belajar dan untuk mengasah kemampuan dalam pengeditan foto ini, saya juga gemar membuat ucapan ulang tahun teman-teman di Facebook, alhamdulillah, mereka juga puas.

Dua keterampilan yang saya miliki (masih belajar...brooo) semuanya saya pelajari melalui dunia maya dengan fasilitas yang saya miliki, pengalaman selama 5 tahun terakhir ini memberikan hikmah buat saya bahwa untuk belajar ngeblog dan photoshope sangat dibutuhkan ketekunan, teliti, hati-hati dan keseriusan.

Jujur saja saya katakan, waktu melakukan edit template sebuah blog yang sarat dengan kode-kode yang memusingkan kepala seringkali membuat saya sakit kepala, tapi justru itu yang juga membuat saya semakin penasaran dan kembali mempelajarinya dengan teliti dan hati-hati dan berkat tutorial yang banyak tersedia disajikan para blogger, saya akhirnya berhasil melakukan pengeditan tersebut, bahkan suatu kali saya kehilangan sebuah blog yang sudah saya edit selama satu bulan kemudian menjadi jelek dan kacau hanya disebabkan salah penulisan kode html, sejak saat itu saya selalu hati2 baik dengan melakukan penyimpanan templat sebelum di edit, maupun mengolah widget-widget untuk sidebar.

Demikian pula halnya dengan photoshope, saat pertama kalinya memiliki program/aplikasi ini pertanyaan yang pertama kali muncul di benak saya adalah dari mana memulai melakukan pengeditan gambar di foto ini, sementara dari perencanaan saya ingin gambar yang sudah saya siapkan tersebut akan di edit menjadi lebih indah dengan menukar latar belakangnya, pernah salah memahami tutorial yang diberikan para blogger, gambar yang akan saya edit berubah jadi kacau bahkan saya tak tahu bagaimana mengembalikannya keseperti semula, tapi sekali lagi teman-teman blogger memberikan petunjuk-petunjuk praktisnya melalui tutorial yang mereka posting di blognya tersebut.

Tulisan ini hanya sebagai catatan kenangan penulis dalam turut serta berkecimpung di dunia maya ini, semoga bermanfaat buat penulis sendiri dan mungkin juga anda pengunjung blog ini, sekaligus membuktikan bahwasanya begitu banyak yang bisa dipelajari dari dunia maya ini, tergantung hati dan niat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita Lainnya
Widget By:[arsip berita,artikel dan foto]
Semua Arsip Tahun 2011
  • Januari
  • Februari
  • Maret
  • April
  • Mai
  • Juni
  • Juli
  • Agustus
  • September
  • Oktober
  • November
  • Desember
  •